Disiapkan, Pemimpin yang Peduli Lingkungan

Written By Unknown on Selasa, 18 Desember 2012 | 12.40

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia butuh pemimpin masa depan yang peduli terhadap isu-isu keselamatan lingkungan hidup. Program inilah yang digagas Pertamina Foundation lewat Beasiswa Sobat Bumi bagi mahasiswa. Penerima Beasiswa Sobat Bumi memperoleh pembekalan kepemimpinan agar setelah lulus dapat menjadi pemimpin di masyarakat.   

"Diharapkan setelah pembekalan ini mahasiswa akan menjadi calon-calon pemimpin, sekaligus duta-duta di bidang pendidikan dan lingkungan," kata Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Nina Nurlina Pramono di Jakarta, Selasa (18/12/2012).

Penerima Beasiswa Sobat Bumi angkatan kedua tahun 2012 mendapatkan pembekalan pada 13-15 Desember 2012 di Kawasan Pertamina Geothermal Energy, Kamojang, Garut, Jawa Barat.   Dalam merekrut beasiswa tahun 2012, Pertamina Foundation tidak semata melihat sisi akademis calon mahasiswa, namun aspek penting yang juga dipertimbangkan adalah rekam jejak mahasiswa dalam keorganisasian, terutama dalam bidang penyelamatan lingkungan.

Nina mengatakan, salah satu tujuan dari pemberian Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation adalah mencetak generasi cerdas yang mampu berkontribusi pada masyarakat umum, khususnya sosial dan lingkungan hidup. "Hal ini tentu  beririsan dengan tujuan Gerakan Menabung Pohon Pertamina Foundation, yaitu untuk mengatasi masalah sosial dan lingkungan," tegasnya.

Untuk itulah, sambung Nina, pembekalan Beasiswa Sobat Bumi ini menjadi satu rangkaian acara dengan Jambore Menabung Pohon yang menjadi tonggak untuk Gerakan Menabung Pohon. Dalam kegiatan ini, mahasiswa juga mendapatkan pembekalan mengenai Menabung Pohon dan mengimlementasikannya langsung di lapangan saat penanaman 1.000 pohon untuk melengkapi total penanaman  di kawasan tersebut sejumlah 55.000 pohon.

Materi pembekalan dan inspirasi lain yang didapat mahasiswa di antaranya  "Seni Bercita-cita dan Merencanakan Masa Depan" yang disampaikan A. Fuadi, penulis buku "Negeri 5 Menara". Ada juga Talent Mapping, di mana  mahasiswa dapat melihat tentang kemampuan dan kecocokan bidang kerjanya.

Direktur Pendidikan Ahmad Rizali menambahkan, pembekalan bagi penerima beasiswa tersebut bertujuan membangun jejaring atau ikatan yang kuat antara sesama penerima beasiswa. "Ujungnya adalah para mahasiswa setelah penggemblengan ini diharapkan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap lingkungan dan puncaknya kepada bangsa dan negara Indonesia," kata Ahmad.


Anda sedang membaca artikel tentang

Disiapkan, Pemimpin yang Peduli Lingkungan

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2012/12/disiapkan-pemimpin-yang-peduli.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Disiapkan, Pemimpin yang Peduli Lingkungan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Disiapkan, Pemimpin yang Peduli Lingkungan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger