Seribuan Penari Meriahkan HUT Balekambang

Written By Unknown on Jumat, 26 Oktober 2012 | 12.40

SOLO, KOMPAS.com--Seribuan siswa sekolah dasar membawakan tari kijang sebagai tanda dibukanya Pasar Seni dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-91 Taman Balekambang Kota Solo, Kamis.

Tarian massal yang melibatkan seribuan siswa dari 40 SD di Kota Solo tersebut, diprakarsai oleh Sanggar Tari Eka Santi Surakarta pimpinan Agus Sumanto mengambil tema Pasar Seni dan Budaya.

Tarian massal yang dibawakan pelajar dengan mengenakan kostum mirip hewan kijang dengan warna kuning tersebut, sangat meriah dan mendapat perhatian ratuasan pengunjung yang memadati Taman Balekambang yang dulu bernama Partini Tuin (Taman Air Partini dan Partinah Bosch (Hutan Kota Partinah).

Menurut Kepala UPTD Taman Balekambang, Disbudpar Kota Surakarta Endang Sri Murniati, Pasar Seni Balekambang sebuah even rutin yang diadakan dalam rangka HUT Ke-91 Balekambang 2012 ini yang keempat kalinya.

Ia menjelaskan, Taman Balekambang yang dulu bernama, Partini Tuin dan Partinah Bosch dibangun oleh GPAA Mangkunegoro VII pada 26 Oktober 1921.

Taman tersebut dibangun sebagai perwujudan rasa kasih sayang seorang ayah kepada putri-putrinya itu, dulu berfungsi sebagai daerah resapan air, tandon air dan paru-paru kota.

Selain itu, Taman Balekambang juga berfungsi sebagai tempat peristirahatan khusus kerabat Mangkunegaran, tetapi setelah Negara Kesatuan Republik Indonesia kemudian dibuka untuk umum.

Menurut dia, Taman Balekambang setelah dibuka untuk masyarakat, kemudian ada hiburan rakyat antara lain ketoprak lesung hingga sekarang masih eksis.

Taman Balekambang para era 1970-an juga dihiasi hiburan kelompok Srimulat yang memunculkan seniman-seniman terkenal seperti Timbul, Gepeng, Djujuk, Tarsan, Mamik, dan Nunung.

Pada masa kepemimpinan Wali Kota Surakarta Joko Widodo, tahun 2007-2008, Taman Balekambang kemudian direvitalisasi dikembalikan kepada fungsinya semula yakni daerah resapan dan paru-paru kota.

"Taman Balekambang sebagai ruang terbuka juga berfungsi sebagai taman seni dan budaya, Taman botani, Taman Edukasi dan untuk rekreasi," paparnya.

Pada HUT Taman Balekambang tahun ini, kata dia, menyelenggarakan pasar seni yang merupakan tempat berkarya, pameran, pementasan, dan kegiatan kesenian. Kegiatan ini untuk mendorong semangat berkarya dan berkreasi bagi para seniman di samping membangun jembatan apresiasi antara seniman dan masyarakat.

Kegiatan pasar seni Balekambang antara lain "workshop" dan pameran kerajinan seni seperti tatah sungging wayang, batik, keris, blangkon, ukir logam, kreasi barang bekas, dan lukisan.

Selain itu, lanjut dia, pementasan musik, sendratari, dan ketoprak. Serta, kuliner UKM, permainan tradisional antara lain egrang, dakon, bekelang bakiak, gobak sodor yang kini mulai terkikis oleh perkembangan zaman.


Anda sedang membaca artikel tentang

Seribuan Penari Meriahkan HUT Balekambang

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2012/10/seribuan-penari-meriahkan-hut.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Seribuan Penari Meriahkan HUT Balekambang

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Seribuan Penari Meriahkan HUT Balekambang

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger