Indofest Adelaide Patut Dicontoh Festival Lain

Written By Unknown on Senin, 15 April 2013 | 12.40

ADELAIDE, KOMPAS.com -  Festival tahunan Indofest yang diselenggarakan di Adelaide hari Minggu (14/4) di Rymill Park patut menjadi contoh bagi penyelenggaraan festival Indonesia di manapun di dunia. Keprofesionalan panitia, dukungan dari pemerintah daerah setempat dan partisipasi dari semua pihak yang terlibat memastikan Indofest berlangsung sukses.

Di banyak festival Indonesia lainnya menjadi ajang bagi silahturahmi antarwarga Indonesia. Indofest sudah lebih dari itu, karena masyarakat Australia lainnya juga terlibat.

-- Vinsensius Jemadu

Demikian dikatakan oleh Vinsensius Jemadu, Wakil Direktur Promosi Turis Internasional bagi Amerika dan Kawasan Pasifik, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Tahun lalu, saya sudah mengatakan Indofest merupakan festival terbaik Indonesia di luar Indonesia. Apa yang membuat festival ini terbaik, anda bisa lihat sendiri dari kedatangan para pengunjung. Di banyak festival Indonesia lainnya menjadi ajang bagi silahturahmi antarwarga Indonesia. Indofest sudah lebih dari itu, karena masyarakat Australia lainnya juga terlibat." kata Vinsensius Jemadu kepada koresponden Kompas di Australia L. Sastra Wijaya.

Indofest ini dibuka dengan resmi oleh Dubes Indonesia untuk Australia yang baru Nadjib Riphat Kesoema, dan dihadiri oleh perwakilan penting pejabat Australia baik di tingkat negara bagian South Australia maupun federal.

Perdana Menteri Australia Julia Gillard mengirim pesan pribadi dan mengutus salah seorang menterinya Kate Ellis untuk menghadiri acara. Dalam sambutannya, para pejabat ini juga menyampaikan saling pujian atas hadirnya mereka dalam acara Indofest. "Ini menunjukkan bahwa Indofest yang baru diselenggarakan selama 6 kali sudah menjadi bagian dari kehidupan budaya multikultur di Adelaide." kata salah seorang diantara mereka.

Ditambahkan oleh Vinsensius Jemadu, Indofest di Adelaide ini mampu menyediakan hiburan bagi semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. "Semua sudah dipersiapkan, dan dipilah-pilah tempatnya sehingga pengunjung yang datang tidak sekedar datang membeli makanan atau menonton hiburan terus pulang." tambah Vinsensius Jemadu.

Indofest ini dihadiri oleh sekitar 15 ribu warga Adelaide setiap tahunnya. Diselenggarakan di Rymill Park, di jantung kota Adelaide, panitia membagi lapangan tersebut untuk enam kegiatan, penjualan makanan, panggung pertunjukkan, stand pameran, lokasi untuk pembelajaran, seni untuk anak-anak dan demo memasak.

Menurut Tony Hewett, manajer acara Indofest, keberhasilan penyelenggaraan adalah memadukan seluruh unsur masyarakat Indonesia. "Guru-guru bahasa Indonesia terlibat, para mahasiswa Indonesia juga, Asosiasi Indonesia-Australia, dan masyarakat lainnya termasuk sukarelawan. Kalau hanya satu pihak saja yang bekerja pasti tidak akan seberhasil ini." kata Hewett.  


Anda sedang membaca artikel tentang

Indofest Adelaide Patut Dicontoh Festival Lain

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2013/04/indofest-adelaide-patut-dicontoh.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Indofest Adelaide Patut Dicontoh Festival Lain

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Indofest Adelaide Patut Dicontoh Festival Lain

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger