Mengenal Ragam Kuliner Lewat Komik

Written By Unknown on Rabu, 27 Maret 2013 | 12.40

Oleh: Untung Wahyudi

Judul  : Cooking Princess (Edisi Masakan  Piknik)
Penulis : Haedalm Studio
Ilustrator : Kim Sook Hee 
Penerbit : Bentang Belia, Yogyakarta
Cetakan : I, Januari 2013
Tebal  : 172 halaman

Umumnya, komik berisi cerita petualangan atau pun cerita detektif seperti halnya Detektif Conan, Doraemon atau Naruto yang banyak digandrungi anak-anak dan remaja. Keberadaan komik tak bisa dipungkiri telah menjadi salah satu magnet bagi anak-anak untuk suka membaca. Karena di samping cerita-cerita seru yang ada di dalam komik, anak-anak cenderung menyukai ilustrasi-ilustrasi di dalamnya. Namun demikian, dalam hal ini para orangtua, harus selektif memilih komik untuk anak-anaknya. Karena, kadang ada komik yang tidak sesuai dengan usia anak-anak, baik yang bermuatan kekerasan ataupun komik yang mengandung unsur 'pornografi'.

Namun, Cooking Princess memberikan warna baru dalam dunia komik. Dalam komik ini pembaca akan mengetahui ragam kuliner khususnya masakan-masakan ala Jepang dan Korea lewat cerita-cerita yang disajikan dengan gambar-gambar menarik.

Komik edisi 'Makanan Piknik' yang disusun oleh Haedalm Studio dan Kim Sook Hee ini menceritakan tentang persahabatan antara Han Song-i, Pyeon Ji Ham, Baek Jang Mi, Mi Na Ri dan Ma Ga Rin. Petualangan seru di dalam komik ini dimulai ketika Ji Ham pada suatu hari mengajak teman-temannya untuk makan siang di ruang terbuka karena dia melihat cuaca waktu itu cukup bagus.

Awalnya Ji Ham hanya mengajak Song-i. Tapi, berkat usul Ma Ga Rin, teman-teman sekelas pun diajak. Song-i dan Jang Mi sebagai teman Ji Ham tentu sangat senang dengan rencana Ji Ham. Mereka akan seru-seruan dalam sebuah acara makan-makan.

Dalam acara itu Ji Ham menantang Song-i dan Jang Mi untuk membuat makanan yang enak. Tantangan Ji Ham tentu membuat Song-i dan Jang Mi harus berlomba membuat masakan yang enak demi menarik perhatian Ji Ham yang dikenal sebagai laki-laki sederhana dan lembut. Ji Ham selalu membanggakan pengetahuan memasaknya di sekolah karena ayahnya adalah seorang direktur stasiun televisi FoodTV.

Song-i dan Jang Mi segera membeli kebutuhan memasak. Mereka tidak mau mengecewakan Ji Ham yang sangat mengharapkan mereka membuat makanan yang lezat. Di tempat mereka membeli bahan-bahan untuk bahan masakan, mereka masih sempat adu mulut. Mereka saling menuding kalau mereka akan membuatkan makanan pada seorang koki yang memang jago masak. Tapi, baik Song-i maupun Jang Mi tetap yakin bahwa mereka akan membuat makanan sendiri (halaman 23).
Waktu yang ditunggu pun tiba. Sebelum acara makan-makan dimulai, Ji Ham mengumpulkan masakan hasil buatan Song-i dan Jang Mi di sebuah meja. Ji Ham mau menilai masakan siapa yang lebih enak. Tapi, Jiham sangat kecewa dengan mereka berdua. Ji Ham menemukan ada kecurangan yang telah dilakukan oleh mereka. Sebelum memasuki pintu gerbang sekolah, Ji Ham sempat melihat Song-i membuang bungkus makanan di tempat sampah. Ternyata Kimbab yang dibawa Song-i bukan buatannya sendiri, tapi dibeli di sebuah toko makanan (halaman 33).

Ji Ham pun memeriksa Sandwich yang dibawa Jang Mi. Ji Ham merasa kenal dengan masakan itu. Sandwich yang dibawa Jang Mi sama persis dengan menu yang ada di restoran milik orangtua Jang Mi. Rasanya persis dengan saus yang dibuat khusus oleh koki restoran Jang Mi (halaman 34).

Teman-teman sekelas kaget, termasuk Ma Ga Rin. Dia tidak menyangka kalau mereka akan berbuat curang. Padahal, Ji Ham sudah menyiapkan sesuatu sebagai hadiah. Jang Mi dan Song-i menyesal telah melakukan kesalahan fatal yang membuat Ji Ham kecewa. Tapi, mereka berjanji suatu saat akan membuat makanan buatan mereka sendiri. Mereka mau belajar memasak dengan baik.

Cerita dalam komik setebal 172 halaman ini tidak hanya menceritakan kisah seru dan persaingan memasak antara Song-i dan Jang Mi. Komik ini juga dilengkapi dengan aneka resep dan cara-cara membuat aneka makanan yang lezat. Misal, makanan yang dibuat Song-i untuk bekal ke sekolah sebagaimana janjinya pada Ji Ham, yaitu Yubuchobab (tahu isi nasi), Kimbab dan Kimbab Segitiga. Atau, bekal buatan Jang Mi yaitu Croissant Sandwich dan Baguette Tuna Sandwich. Pada bab 'Latihan Khusus' pembaca akan diajak melihat bagaimana cara membuat aneka makanan yang dipraktikkan oleh Song-i dan Jang Mi (halaman 54).

Komik tema kuliner yang diterjemahkan dari The Cooking Princess Volume 2 terbitan Gobooky Books ini memberikan nuansa baru buku komik. Pembaca bisa mengenal aneka macam masakan hanya dengan membaca komik unik ini. Selain menghibur, komik ini juga akan menambah wawasan pembaca dalam hal masak memasak, khususnya makanan-makanan luar negeri yang sudah tidak sulit untuk ditemui di restoran-restoran Indonesia.

Di halaman lain buku komik ini, pembaca juga akan mengenal resep aneka minuman yang cocok dengan masakan piknik. Sparkling Juice with Fruit Skewers dan Blueberry Yoghurt adalah minuman yang pas buat menemani makanan piknik. Lengkap dengan cara membuatnya, sehingga pembaca bisa langsung mempraktikkan sambil membaca buku ini (halaman 110).

Selain itu, buku ini dilengkapi bonus kartu resep makanan piknik yang bisa digunting dan disimpan untuk keperluan memasak, lengkap dengan bahan, resep mini dan beberapa catatan penting agar hasil masakan sesuai dengan resep. Membaca komik ini pembaca dijamin akan tertarik membuat aneka makanan sesuai resep yang ada. Cocok untuk panduan belajar memasak baik untuk anak-anak, remaja ataupun ibu-ibu yang hobi memasak. Ada catatan menarik yang bisa kita catat dalam pelajaran memasak dalam buku ini. "Memasak itu mendengarkan suara hati. Kalau kita hanya sekadar memasukkan bahan, tidak akan menjadi masakan hebat." [*]

*) Guru swasta dan lulusan IAIN Sunan Ampel Surabaya


Anda sedang membaca artikel tentang

Mengenal Ragam Kuliner Lewat Komik

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2013/03/mengenal-ragam-kuliner-lewat-komik.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mengenal Ragam Kuliner Lewat Komik

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mengenal Ragam Kuliner Lewat Komik

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger