40 Seniman Korea Tampil di Surabaya

Written By Unknown on Sabtu, 09 Maret 2013 | 12.40

Kerjasama

40 Seniman Korea Tampil di Surabaya

Penulis: Harry Susilo | Sabtu, 9 Maret 2013 | 11:16 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com- Publik Surabaya akan mendapat suguhan pertunjukan kesenian dari Korea pada akhir pekan ini. Empat puluh seniman asal Negeri Ginseng yang tergabung dalam The National Center for Korean Traditional Performing Arts akan menampilkan pertunjukan seni musik dan tari di Gedung Balai Budaya Surabaya Jl. Yos Sudarso, Minggu (10/3/2013) besok.

Kepala Bagian Kerjasama Pemerintah Kota Surabaya Ifron Hadi Susanto mengatakan, pertunjukan yang diselenggarakan ASEAN-Korea Centre itu menandai 40 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korea. ASEAN-Korea Centre adalah sebuah organisasi antar-pemerintah yang diberi mandat untuk meningkatkan volume perdagangan, mempercepat arus penanaman modal, menggairahkan pariwisata, dan memperkaya pertukaran budaya antara negara-negara anggota ASEAN dan Korea.

"Surabaya dipilih sebagai tempat penyelenggaraan acara ini, antara lain karena kita mempunyai hubungan sister city dengan Kota Busan-Korea," kata Ifron.

Selain di Surabaya, pertunjukan juga akan diselenggarakan di Jakarta dan Brunei Darussalam. The National Center for Korean Traditional Performing Arts (NCKTPA) yang akan menjadi penampil pada acara tersebut merupakan kelompok seniman pertunjukan tari dan musik yang sering memeriahkan acara-acara kenegaraan di Korea.

Di negaranya, kelompok ini dinilai sangat berhasil mewariskan musik dan tarian yang hampir punah karena penjajahan Jepang. Berkat jasa NCKTPA, berbagai aset budaya Korea, yakni Jongmyo Jerye-ak (musik ritual Jongmyo), Pansori, dan tarian Cheoyongmu dinilai sebagai warisan budaya UNESCO.

"Di Surabaya mereka akan menampilkan pertunjukan musik tradisinal Korea, tarian tradisional dan neo-tradisional, pertunjukan musik rakyat serta chamber music," kata Ifron.

Pada kesempatan tersebut penampilan tersebut dari pihak Kota Surabaya akan menampilkan kesenian tari kolaborasi tradisional yaitu Reog, Remo, Sparkling Surabaya dan Lenggang Surabaya dengan diiringi gamelan.

Editor :

Marcus Suprihadi


Anda sedang membaca artikel tentang

40 Seniman Korea Tampil di Surabaya

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2013/03/40-seniman-korea-tampil-di-surabaya.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

40 Seniman Korea Tampil di Surabaya

namun jangan lupa untuk meletakkan link

40 Seniman Korea Tampil di Surabaya

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger