Pelaku Pembakaran Honai Harus Dihukum!

Written By Unknown on Rabu, 19 Desember 2012 | 12.40

Pelaku Pembakaran Honai Harus Dihukum!

Selasa, 18 Desember 2012 | 22:07 WIB

WAMENA, KOMPAS.com--Ratusan warga yang berasal dari berbagai suku di Lembah Baliem, Wamena, Papua, meminta aparat kepolisian menangkap dan memproses hukum para pelaku pembakaran honai adat yang mereka duga melibatkan oknum-oknum polisi.

"Honai adat merupakan tempat yang sakral karena di tempat itulah masyarakat melakukan musyawarah bila menghadapi sesuatu serta tempat menyimpan benda benda yang berhubungan dengan adat istiadat," kata salah satu kepala suku Melianus Wamo di hadapan Wakapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw di Wamena, Selasa.

Dalam pertemuan itu, Wakapolda didampingi Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo dan sejumlah pejabat di lingkungan TNI dan Polri di Wamena.

Honai adat yang berlokasi di Jalan Trikora, Wamena itu dibakar orang tak dikenal Minggu (16/12) malam sekitar pukul 23.30 WIT, sesaat setelah terbakarnya pos polisi Wouma yang berjarak hanya sekitar 500 meter.

Dikatakannya, hukuman seharusnya tidak saja dijatuhkan kepada pelaku tetapi juga yang memberikan perintah karena tidak mungkin mereka melakukan pembakaran tanpa adanya perintah.

Selain meminta para pelaku pembakaran segera ditangkap dan dijatuhi sanksi, masyarakat yang membawa panah dan busur serta tombak itu juga meminta agar penangkapan yang saat ini dilakukan polisi terhadap warga sipil segera dihentikan karena umat Kristiani sedang menyambut Natal.

"Polisi untuk sementara tidak melakukan penangkapan karena masyarakat sedang siap siap menyambut datangnya natal sehingga suasana sukacita dapat dirasakan semua warga," harap Wamo.

Mendengar permintaan tersebut, Wakapolda Papua mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan guna mengungkap siapa pelaku pembakaran honai adat termasuk juga pelaku pembakaran pos polisi Wouma.

Menurut Waterpauw, saat ini Propam Polda Papua sedang meminta keterangan dari anggota yang bertugas guna memastikan ada atau tidaknya anggota yang terlibat.

Wakapolda Papua juga menyampaikan permintaan maaf atas insiden tersebut, walaupun belum tentu pelakunya adalah anggota Polri.

"Saya pada kesempatan ini meminta maaf atas terjadinya insiden pembakaran honai adat dan berupaya mengungkap siapa pelakunya," kata  Waterpauw.

Pertemuan yang berlangsung sekitar lima jam itu berlangsung aman dan tertib .


Anda sedang membaca artikel tentang

Pelaku Pembakaran Honai Harus Dihukum!

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2012/12/pelaku-pembakaran-honai-harus-dihukum.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pelaku Pembakaran Honai Harus Dihukum!

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pelaku Pembakaran Honai Harus Dihukum!

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger