55 Musisi Ramaikan Sabang Jazz

Written By Unknown on Minggu, 23 Desember 2012 | 12.40

BANDA ACEH, KOMPAS.com--Sebanyak 55 musisi dalam negeri dan luar negeri akan meramaikan Sabang Jazz Festival yang pertama digelar di Kota Sabang, Provinsi Aceh, 22 Desember 2012.

"Kebangaaan bagi kami bisa tampil di Aceh untuk menghibur masyarakat khususnya penikmat musik jazz  melalui kegiatan bertaraf internasional ini," kata musisi Jazz Dwiki Dharmawan di Banda Aceh, Jumat.

Dikatakannya, musisi Sabang Jazz Festival itu akan berkolaborasi dengan "rapai" yang merupakan salah satu alat musik tradisional Aceh, dan musisi lokal Rafli Kande.

Menurut Dwiki Dharmawan, pada Sabang Jazz Festival 2012 tersebut juga akan tampil Farid RM, Ita Purnama Sari, serta sejumlah nama lainnya yang cukup terkanal seperti  Steve Thornton, Ron Reeves, dan Naseem Nahid (mantan anggota grup musik Debu).

Keikutsertaan musisi lokal seperti Rafli Kande dengan alat musik tradisional rapai itu bertujuan salah satu upaya mengangkat musisi lokal sekaligus  memperkenalkan potensi daerah ke mancanegara, kata Dwiki Dharmawan.

"Kami berharap mungkin nanti di Aceh akan lahir RapaiJazz. Kami juga telah melakukan kegiatan serupa di sejumlah provinsi di Tanah Air yang berkolaborasi dengan musik/musisi tradisional," kata dia menambahkan.

Sementara itu bidang promosi pariwisata wilayah Sumatera pada Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Raseno Aria, tujuan dari Sabang Jazz festival 2012 ini sebagai upaya pemerintah mengembangkan ekonomi kreatif selain juga promosi potensi wisata.

"Sisi lain yang terpenting dari festival ini adalah mengangkat kekayaan alam dan kearifan budaya lokal khususnya di Aceh. Kami mengharapkan dukungan semua pihak untuk menyukseskan kegiatan ini," kata dia menambahkan.

Menurut dia, potensi pariwisata Kota Sabang dengan keindahan eksotis alamnya dimasa mendatang diharapkan menjadi salah satu tujuan utama wisatawan mancanegara.

Karena itu, Raseno menjelaskan Kementeriaan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif perlu menggagas sebuah event yang pertama kali digelar ke Sabang, dengan harapan dimasa mendatang bisa menjadi agenda tahunan dalam upaya promosi potensi wisata wilayah ini.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh Raza Pahlevi, mengatakan pihaknya siap mengkampanyekan Sabang Jazz festival yang berkolaborasi dengan musisi lokal Rafli Kande dan alat masik tradisional Aceh Rapai.

"Kami meyakini banyak pecinta musik Jazz di Aceh karena musik ini lebih mendidik, apalagi tidak mustahil berkolaborasi dengan musisi lokal Rafli Kande dan alat musik tradisional rapai," kata Reza menambahkan.


Anda sedang membaca artikel tentang

55 Musisi Ramaikan Sabang Jazz

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2012/12/55-musisi-ramaikan-sabang-jazz.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

55 Musisi Ramaikan Sabang Jazz

namun jangan lupa untuk meletakkan link

55 Musisi Ramaikan Sabang Jazz

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger