160 Lumbung Pangan NTB Akan Diperbaiki

Written By Unknown on Sabtu, 29 Desember 2012 | 12.40

MATARAM, KOMPAS.com--Badan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Barat akan memperbaiki 160 unit lumbung pangan tradisional yang tersebar di 10 kabupaten/kota sebagai upaya melestarikan kearifan lokal terkait dengan ketahanan pangan.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Hj Husnanidiaty Nurdin, di Mataram, Jumat, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan dana sebesar Rp500 juta untuk progam perbaikan lumbung pangan tradisional tersebut.

"Kami masih melakukan identifikasi lumbung-lumbung pangan yang akan diperbaiki. Upaya itu kami lakukan bersama kabupaten/kota. Kalau sudah ada datanya, baru kami bisa pastikan berapa nominal untuk masing-masing lumbung," ujarnya.

Ia mengatakan, lumbung pangan tradisional yang akan menjadi sasaran perbaikan adalah yang dimanfaatkan secara berkelompok oleh masyarakat kurang mampu untuk menyimpan cadangan pangan berupa gabah.

Pihaknya sangat berkepentingan terhadap upaya perbaikan lumbung pangan tradisional yang masih dimanfaatkan oleh masyarakat perdesaan.

Upaya memperbaiki lumbung pangan tradisional tersebut, kata dia,  juga untuk menghidupkan kembali kearifan lokal dalam hal ketahanan pangan, di samping sebagai obyek wisata tradisional.

"Lumbung pangan tradisional yang ada sejak jaman nenek moyang kita sekarang  terancam punah, sehingga perlu dihidupkan kembali. Lumbung pangan tradisional itu punya nilai estetika dan budaya, sehingga bisa menjadi aset pariwisata yang bisa dipromosikan kepada wisatawan," ujarnya.

Selain memperbaiki lumbung pangan tradisional, kata dia, pihaknya juga akan membangun 100 lumbung pangan modern pada 2013 di beberapa kabupaten untuk mengurangi tingkat kemiskinan di wilayah perdesaan.

Anggaran yang sudah disiapkan untuk program tersebut sebesar Rp500 juta. Masing-masing lumbung pangan dialokasikan sebesar Rp50 juta, yang terdiri atas biaya pembangunan fisik gedung sebesar Rp30 juta dan untuk membeli gabah atau beras yang akan dijadikan cadangan pangan sebesar Rp20 juta.

Lumbung pangan modern tersebut dikelola oleh gabungan kelompok tani (Gapoktan), bahkan kelompok wanita tani.

Proses seleksi Gapoktan pengelola lumbung pangan yang berkinerja baik dilakukan oleh masing-masing kabupaten/kota.

"Setiap tahun kami selalu menganggarkan dana untuk pembangunan lumbung pangan modern. Kalau untuk perbaikan lumbung pangan tradisional baru tahun ini," ujarnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

160 Lumbung Pangan NTB Akan Diperbaiki

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2012/12/160-lumbung-pangan-ntb-akan-diperbaiki.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

160 Lumbung Pangan NTB Akan Diperbaiki

namun jangan lupa untuk meletakkan link

160 Lumbung Pangan NTB Akan Diperbaiki

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger