Sumbar Terus Tingkatkan Peran "Tigo Tungku Sajarangan"

Written By Unknown on Kamis, 01 November 2012 | 12.40

PADANG, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat  pada 2013 tetap meningkatkan peran serta "Tigo tungku sajarangan", yaitu tokoh adat, ulama, dan cerdik pandai dalam proses pembangunan di daerah setempat.

"Selama ini peran 'Tigo tungku sajarangan' dalam proses pembangunan Sumbar telah cukup besar melalui pemikiran, tenaga, dan usaha mereka," kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Padang, Rabu.

Peran tersebut akan terus ditingkatkan dalam pembangunan daerah ini pada 2013 dan upaya menuju hal itu dijadikan salah satu prioritas dalam pengalokasian dana APBD 2013.

Upaya yang akan dilakukan, antara lain, memberikan pembekalan filosofi "Adat Basandi Syara', Syara' Basandi Kitabullah" (ABS-SBK) atau pelaksanaan adat MInangkabau yang bersendikan pada ajaran agama Islam.

"Pembekalan ABS-SBK itu akan diberikan kepada para ninik mamak (tokoh adat), dai dan mubaliq (ulama), dan kaum cerdik pandai (cendekiawan)," katanya.

Pemerintah Provinsi Sumbar juga telah menempatkan  program pengamalan agama dan falsafah ABS-SBK dalam kehidupan masyarakat sebagai prioritas pertama dalam pelaksanaan pembangunan jangka menengah daerah (PJMD) tahun II 2011-2015.

Prioritas pertama ini diarahkan kepada implementasi prinsip-prinsip agama dan ASB-SBK dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, katanya.

Menurut dia, jika prioritas tersebut terlaksana dengan baik dan intensif maka diharapkan bisa terwujud tujuh sasaran dari pelaksanaan pembangunan di bidang keagamaan dan kebudayaan di Sumbar pada pelaksanaan PJMD tersebut.

Tujuh sasaran itu meliputi, pertama, kehidupan masyarakat yang harmonis, toleran, dan cinta damai. Kedua, terwujudnya pribadi masyarakat yang beriman dan berakhlak mulia, dan ketiga, tecerminnya nilai-nilai adat dan agama dalam kehidupan sosial dan ekonomi.

Keempat, menurunnya tingkat konflik dan kekerasan dalam masyarakat. Kelima, pewarisan nilai-nilai kearifan adat Minangkabau. Keenam, terwujudnya optimalisasi peran lembaga keagamaan dan lembaga adat. Ketujuh, berkurangnya perbuatan maksiat.


Anda sedang membaca artikel tentang

Sumbar Terus Tingkatkan Peran "Tigo Tungku Sajarangan"

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2012/11/sumbar-terus-tingkatkan-peran-tungku.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Sumbar Terus Tingkatkan Peran "Tigo Tungku Sajarangan"

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Sumbar Terus Tingkatkan Peran "Tigo Tungku Sajarangan"

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger