Mengenalkan Indonesia Lewat Topeng

Written By Unknown on Jumat, 19 Oktober 2012 | 12.40

Mengenalkan Indonesia Lewat Topeng

Penulis: Jodhi Yudono | Jumat, 19 Oktober 2012 | 11:45 WIB

KOMPAS.com - Singapura sudah senja, langit di atas Marina Bay Sands sudah kelabu. Di Art Science Museum yang terletak di salah satu sudut Marina Bay, serombongan wartawan nampak mulai berdatangan di lobinya.

Sebagian memotret sepasang lelaki-perempuan yang didandani mirip peserta karnaval yang menyandang busana bertema metamorfosa batik, sementara yang lainnya mengurus perlengkapan liputan.

Tak berapa lama, panitia mempersilakan pengunjung naik ke lantai empat. Memasuki ruang pameran, pengunjung disambut segelas koktail dan beberapa topeng yg dipajang di etalase.

Selanjutnya, sambil menikmati minuman dan penganan kecil, tetamu diarahkan memasuki ruang pertunjukan.

Nicaya, Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memperkenalkan seniman yg mendukung acara, di antaranya Rama Suprapto yang bertindak sebagai sutradara pertunjukan "Tari Topeng" dan Rahayu Supanggah selaku aranjer musik pengiring tari.

"Singapura adalah negara yg penting bagi Indonesia, bukan saja sebagai salah satu pasar utama Indonesia, Singapura sebagai pusat pergaulan dunia juga menjadi pintu gerbang seni dan wisata Indonesia agar dikenal oleh dunia," sambut Niscaya dalam bahasa Inggris.

Selanjutnya, Nis mempersilakan kepada warga Singpura untuk menyaksikan pameran yg digelar mulai 18 hingga 21 Oktober 2012.

Pameran bertajuk "The Majestic Mask" yang digagas oleh Kemparekraf ini menampilkan 44 buah topeng dari berbagai daerah.

Dalam pergelaran ini, juga dilibatkan dua institusi yang memiliki kepedulian terhadap budaya topeng, yakni Yayasan Prima Tana dan Rumah Topeng, serta Wayang Setia Darma.


Anda sedang membaca artikel tentang

Mengenalkan Indonesia Lewat Topeng

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2012/10/mengenalkan-indonesia-lewat-topeng.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mengenalkan Indonesia Lewat Topeng

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mengenalkan Indonesia Lewat Topeng

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger