Petualangan Dua Sahabat dan Seekor Kucing

Written By Unknown on Senin, 01 April 2013 | 12.40

Judul Buku : Steven, Where Are You?
Penulis : Dita Indah
Penerbit : Bentang Belia, Yogyakarta
Cetakan : I, November 2012
Tebal : 106 halaman
ISBN : 978-602-9397-63-5

Novel anak berjudul "Steven, Where Are You?" ini berkisah tentang petualangan Rafa dan seekor kucing yang sedang mencari sahabatnya yang hilang. Novel setebal 106 ini layak menjadi bacaan anak-anak karena banyak sekali hikmah dan pembelajaran di dalamnya, seperti mengajarkan anak-anak agar menyayangi binatang dan peduli dengan orang lain yang sedang tertimpa kesusahan.

Cerita bermula ketika Rafa sedang bermain di rumah Steven, sahabat yang juga tetangga dekatnya. Ia kesal bukan main ketika Steven menolak diajak bermain playstation. "Kata Mama, aku tidak boleh main PS, mama takut aku jadi malas belajar dan nilai-nilaiku turun," itulah alasan Steven yang membuat Rafa merasa sebal dan akhirnya pulang ke rumah.

Di saat Rafa mulai menyadari keegoisannya dan ingin meminta maaf pada Steven, tiba-tiba saja Steven pergi menghilang. Tante Fana, ibunya Steven, juga tidak tahu ke mana putranya pergi. Dan Tante Fana langsung panik sekaligus cemas ketika Steven tak kunjung pulang ke rumah. Rafa pun berusaha mencari keberadaan Steven. Namun, setelah dicari ke mana-mana, Steven tak kunjung ditemukan (halaman 6-14).

Tapi, Rafa tetap tak mau menyerah begitu saja. Ia berencana mencari sahabatnya sampai ketemu. Namun, di tengah perjalanan mencari Steven, Rafa tersesat di sebuah hutan. Ia pun bingung hendak melangkahkan kaki ke mana, sementara malam kian bertambah larut. Ia pun tertidur di bawah pohon rindang. Saat terbangun, betapa kagetnya ia begitu melihat seekor kucing mungil berbulu halus telah berada di sampingnya. Rupanya kucing itu sedang kelaparan. Rafa pun mengambil sebungkus biskuit yang ia simpan di dalam tas, lalu memberikannya pada kucing malang itu. Rafa kemudian memberi nama 'Mungil' pada hewan berbulu hitam putih dan menggemaskan itu. Rafa pun melanjutkan perjalanan dengan membawa serta si Mungil (halaman 21-26).

Di tengah perjalanan mencari sahabat terbaiknya, beberapa kali Rafa bertemu dan ditolong oleh anak-anak sebayanya. Ia juga pernah hampir dirampok oleh pria berbadan kekar dan berwajah sangar. Untung ada si Mungil yang dengan gesit langsung menolongnya. Si Mungil melompat dan mencakar wajah pria itu hingga terjatuh (halaman 37-42).

Setelah melewati berbagai rintangan, Rafa akhirnya berhasil menemukan jejak Steven yang sedang terkurung di sebuah gubuk di tengah hutan. Ternyata, sahabatnya itu diculik oleh Raja Nero yang jahat. Raja Nero memang sedang mencari anak-anak lelaki untuk dijadikan prajurit di kerajaannya. Di luar dugaan Rafa, kucing yang selalu setia menemani perjalanannya itu ternyata bukan kucing biasa. Bersama si Mungil, Rafa pun mengatur siasat untuk membebaskan sahabatnya.
***
Diresensi oleh: Sam Edy Yuswanto, penulis lepas, bermukim di Kebumen.


Anda sedang membaca artikel tentang

Petualangan Dua Sahabat dan Seekor Kucing

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2013/04/petualangan-dua-sahabat-dan-seekor.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Petualangan Dua Sahabat dan Seekor Kucing

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Petualangan Dua Sahabat dan Seekor Kucing

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger