Kemendikbud Danai Museum Keris Rp 10 Miliar

Written By Unknown on Selasa, 22 Januari 2013 | 12.40

SOLO, KOMPAS.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan dana Rp 10 miliar dari Rp 35 miliar yang diajukan oleh Pemerintah Kota Surakarta untuk pembangunan Museum Keris di Solo.

"Otomatis kami harus menyesuaikan desain awal bangunan yang sempat disusun dengan anggaran yang tersedia," kata Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Pemkot Surakarta Ahyani kepada wartawan di Solo, Senin.

Ia mengatakan, revisi tersebut bakal meliputi penyesuaian desain tata letak dan ukuran bangunan museum. Ukuran bangunan jelas tidak bisa seperti rencana semula. Namun, pihaknya belum bisa memastikan berapa luas pengurangannya.

Dikatakan, tahun lalu Pemkot Surakarta mengajukan permohonan dana pembangunan Museum Keris kepada Kemendikbud. Bangunan tersebut direncanakan berdiri di lahan di sisi selatan kawasan Sriwedari.

Di lahan tersebut berdiri bangunan bekas Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mangunjayan atau bekas gedung Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) dan gedung Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari).

Menurut dia, pendirian Museum Keris tersebut bertujuan untuk menguatkan keberadaan Solo sebagai kota budaya.

Ahyani mengatakan, kendati harus disesuaikan dengan anggaran, pihaknya tetap akan memasukkan prioritas bagian bangunan museum dalam revisi rancangan tersebut.

"Gedung setinggi empat lantai masih tetap kami pertahankan. Ruang pameran, perpustakaan, workshop, dan tempat penyimpanan keris juga tetap dibangun," katanya.

Revisi desain tersebut juga akan dikonsultasikan dengan Kemendikbud, mengingat pihak kementerian meminta bentuk bangunan Museum Keris nantinya bisa mengadopsi usulan mereka.

"Desain dan landscape bangunan harus selaras dengan bangunan bekas RSJ Mangunjayan. Terlebih lagi bangunan eks RSJ tersebut sudah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya (BCB)," katanya.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengatakan, pekan depan pemkot bakal menemui kementerian guna berkoordinasi terkait revisi desain bangunan museum. Hasil koordinasi tersebut akan membantu pemkot menyusun detail engineering design atau bestek gambar kerja detail proyek pembangunan museum.

"Siapa tahu hasil koordinasi tersebut bisa memunculkan konsep bangunan yang memiliki ciri khas tertentu. Yang jelas, kami hanya akan mengurangi kuantitas bangunan, sementara rencana pembangunan museum itu terus berjalan," katanya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kemendikbud Danai Museum Keris Rp 10 Miliar

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2013/01/kemendikbud-danai-museum-keris-rp-10.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kemendikbud Danai Museum Keris Rp 10 Miliar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kemendikbud Danai Museum Keris Rp 10 Miliar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger