ATL-Dikti Cetak 145 Ahli Tradisi Lisan

Written By Unknown on Sabtu, 01 Desember 2012 | 12.40

JAKARTA, KOMPAS.com--Asosiasi Tradisi Lisan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencetak 145 ahli tradisi lisan melalui beasiswa yang disediakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

"Beasiswa dari Dikti diberikan kepada lima universitas di Indonesia," kata Ketua Asosiasi Tradisi Lisan Pudentia MPSS saat jumpa pers Rakernas ATL di Jakarta, Kamis.

Program beasiswa tersebut bernama Program Belajar Tradisi Lisan yang diselenggarakan ATL bekerja sama dengan Kemdikbud sejak 2009.

Sementara beberapa universitas ternama yang berpartisipasi dalam program beasiswa ini yakni Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Udayana dan Universitas Sumatera Utara.

Beasiswa ini ditujukan untuk jenjang pendidikan S2 dan S3 dengan target penerima beasiswa dari para dosen muda dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Setelah menyelesaikan studinya, mereka diharapkan bisa mengajar tradisi lisan di berbagai perguruan tinggi. Program ini dimaksudkan untuk melatih dan mempersiapkan para lulusan untuk penelitian dan pengamatan lapangan mengenai bahasa-bahasa dan aktivitas budaya yang terancam punah di berbagai daerah di Indonesia.

Pudentia menjelaskan untuk mendapatkan beasiswa tersebut, calon mahasiswa harus menyertakan rekomendasi ketua ATL daerahnya masing-masing dan diwajibkan mengikuti ujian masuk yang diadakan universitas penyelenggara. "Ujian masuk di universitas dan rekomendasi ketua ATL daerah setempat," katanya.

Sementara itu pada 2013 mendatang, ATL juga akan menyelenggarakan beasiswa Joint Degree yang bekerjasama dengan Universitas Leiden, Belanda. Beasiswa tersebut khusus ditujukan untuk jenjang pendidikan S3.

"Joint Degree khusus S3, bekerja sama dengan Universitas Leiden di Belanda. Ini efektif tahun depan," katanya.

Dia menjelaskan untuk mendapat beasiswa Joint Degree, calon mahasiswa harus mengikuti masa magang selama tiga bulan di Belanda. Kemudian setelah mendapat penilaian dan dinyatakan lolos, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan di Universitas Leiden selama satu tahun, lalu melanjutkan kuliahnya di Indonesia selama dua tahun.

Sementara ijazah kelulusan mahasiswa Joint Degree tersebut nantinya akan ditandatangani universitas kedua belah negara yakni Universitas Leiden dan universitas di Indonesia serta mendapatkan gelar dari kedua universitas tersebut.


Anda sedang membaca artikel tentang

ATL-Dikti Cetak 145 Ahli Tradisi Lisan

Dengan url

http://oaseseo.blogspot.com/2012/12/atl-dikti-cetak-145-ahli-tradisi-lisan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

ATL-Dikti Cetak 145 Ahli Tradisi Lisan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

ATL-Dikti Cetak 145 Ahli Tradisi Lisan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger